Selasa, 26 Maret 2013

PERBEDAAN ANTARA PEMIMPIN DENGAN PIMPINAN

Semua orang pada dasarnya di lahirkan sebagai pemimpin, meskipun tidak menjadi pemimpin bagi orang lain, kita akan tetap menjadi pemimpin bagi diri kita sendiri. Bahkan Rasulullah SAW jauh-jauh hari sudah mengingatkan kita lewat sabdanya :


Hadis riwayat Ibnu Umar ra.: Dari Nabi saw. bahwa beliau bersabda: Ketahuilah! Masing-masing kamu adalah pemimpin, dan masing-masing kamu akan dimintai pertanggungjawaban terhadap apa yang dipimpin. Seorang raja yang memimpin rakyat adalah pemimpin, dan ia akan dimintai pertanggungjawaban terhadap yang dipimpinnya. Seorang suami adalah pemimpin anggota keluarganya, dan ia akan dimintai pertanggungjawaban terhadap mereka. Seorang istri juga pemimpin bagi rumah tangga serta anak suaminya, dan ia akan dimintai pertanggungjawaban terhadap yang dipimpinnya. Seorang budak juga pemimpin atas harta tuannya, dan ia akan dimintai pertanggungjawaban terhadap apa yang dipimpinnya. Ingatlah! Masing-masing kamu adalah pemimpin dan masing-masing kamu akan dimintai pertanggungjawaban atas apa yang dipimpinnya. (Shahih Muslim No.3408)

Pemimpin dan pimpinan dewasa ini selalu dianggap sama oleh sebagian orang, bahkan dalam berbagai kesempatan kesalahan itu selalu diucapkan berulang kali. Hal ini tentu karena kurangnya pemahaman merekan akan arti dari Pimpinan atau Pemimpin itu sendiri, oleh karena itu kita harus memahami apa perbedaan antara seorang pemimpin dengan pimpinan atau yang biasa di kenal dengan sebutan PIMPINAN.

Berikut adalah perbedaan antara Pemimpin dengan Pimpinan :
   1.    Seorang PIMPINAN kebanyakan Otoriter sedangkan PEMIMPIN Demokratis,
      2.   Seorang PIMPINAN melihat masalah sebagai musibah yang akan menghancurkan perusahaan. Seorang PEMIMPIN melihat masalah sebagai kesempatan yang dapat diatasi staff yang bersatu padu, dan berubah menjadi pertumbuhan,
      3.    Seorang PEMIMPIN bisa mengayomi, duduk sama rendah Dan berdiri sama tinggi dengan siapapun, orang akan segan pada pemimpinnya sedangkan seorang PIMPINAN hanya akan menjadi JENDRAL bukan Bapak,


  1. Seorang PIMPINAN menyetir dan Seorang PEMIMPIN memimpin,
  2. Seorang PIMPINAN menyalahkan. Seorang PEMIMPIN menyelesaikan masalah dan memperbaiki kesalahan,
  3. Seorang PIMPINAN menguasai 10% tenaga kerja bermasalah.Seorang PEMIMPIN menguasai 90% tenaga kerja yang kooperatif,
  4. Seorang PIMPINAN menyebabkan dendam bertumbuh.Seorang PEMIMPIN memupuk antusiasme yang bertumbuh,
  5. Seorang PIMPINAN menyebabkan pekerjaan menjemukan. Seorang PEMIMPIN menyebabkan pekerjaan menyenangkan/menarik,
  6. Seorang PIMPINAN menciptakan rasa takut dalam diri anak buahnya sedangkan Seorang PEMIMPIN membangun kepercayaan,
  7. Seorang PIMPINAN mengatakan “saya”. Seorang PEMIMPIN mengatakan “kita”,
  8. Seorang PIMPINAN tahu bagaimana pekerjaan harus dilakukan.Seorang PEMIMPIN tahu bagaimana suatu karier harus ditempa,
  9. Seorang PIMPINAN mengandalkan kekuasaan.Seorang PEMIMPIN mengandalkan kerjasama.
Dari penjelasan di atas kita sudah dapat memahami apa perbedaan antara seorang PIMPINAN dengan seorang PEMIMPIN. Kita sebagai "pemimpin" pada tiap-tiap bagian yang menjadi tanggung jawab kita semestinya bisa memilah dan memilih mana hal-hal baik yang bisa kita lakukan dan mana hal tidak baik yang harus kita jauhi bahkan kita tinggalkan.

Segala hal yang kita lakukan harus kita kembalikan sebagai bagian dari pengabdian kita kepada Allah SWT, sehingga tidak ada satu sikap pun yang kita lakukan yang keluar dari ketentuan yang seharusnya kita taati. Seorang pemimpin yang lurus senantiasa mengarahkan hidupnya sesuai dengan kehendak Sang Pencipta. Maka sekeras apapun halangan, rintangan dan godaan yang dihadapinya ia akan tetap di jalan kebenaran sebagai pemimpin yang mencintai dan dicintai yang dipimpinnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar